Dortmund Gagal Juara, Netizen: Hasil Pantas buat Pendukung Israel!

Foto: AP/Kin Cheung
Foto: AP/Kin Cheung

London – Kekalahan Borussia Dortmund dari Real Madrid di final Liga Champions disambut kelegaan sejumlah netizen. Dortmund tengah dikecam karena dianggap dukung Israel.

Dortmund kalah 0-2 dari Real Madrid pada final Liga Champions di Wembley, Minggu (2/6/2024) dini hari WIB. Meski sempat dominan, Die Borussen kecolongan oleh Dani Carvajal dan Vinicius Junior pada menit ke

Kekalahan ini disambut dengan kegembiraan oleh sejumlah netizen. Bukan tanpa alasan. Sebab Dortmund dianggap mendukung genosida di Gaza oleh Israel.

Beberapa hari jelang laga final, Dortmund mengumumkan kerja sama sponsor dengan Rheinmetall. Kerja sama itu akan berlangsung selama tiga tahun.

Rheinmetall sendiri merupakan produsen senjata di Jerman. Mereka memasok, salah satunya, amunisi presisi tank yang dipakai Israel.

“Inilah yang kamu dapatkan karena mendukung Israel. Klub tak berguna,” cuit @sushiniesta di X, yang dulu dikenal sebagai Twitter.

“Sangat pantas mengingat Dortmund menandatangani kerja sama dengan pabrik senjata yang mengirim senjata ke Israel, meski Israel melakukan genosida. Sangat pantas kalah @BVB,” cuit netizen lainnya, @NaksBilal.

Eks pemain Barcelona dan timnas Inggris Gary Lineker malah sudah menyatakan dukungannya ke Madrid sebelum laga. Pernyataannya didukung oleh musisi top Inggris, mantan pentolan Pink Floyd, Roger Waters.

“Untuk kali pertama, saya akan mendukung Real Madrid di final Liga Champions,” tulis Lineker.

“Ayo Real Madrid, Borussia Dortmund/Rheinmetall terlibat dalam Genosida Gaza,” timpal Waters sembari membubuhkan bendera Palestina.

Kerja sama Dortmund dengan Rheinmetall sendiri turut dikecam para suporternya. Mereka membentangkan spanduk protes dalam final Liga Champions semalam, berbunyi: “Rheinmetall, memakai sepakbola untuk menciptakan citra lebih bersih? Melindungi BVB dari sportswashing adalah misi kami!”

Hubungan ‘dekat’ Dortmund dengan Israel sendiri sebelumnya sudah terlihat. Pada 2022 silam, mereka melakukan tur ke Tel Aviv.

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*