Menolak Tua, Joe Biden Resmi Nyapres Lagi di Pilpres AS 2024

President Joe Biden speaks about jobs during a visit to semiconductor manufacturer Wolfspeed Inc., in Durham, N.C., Tuesday, March 28, 2023. (AP Photo/Carolyn Kaster)

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bakal mencalonkan diri kembali sebagai kandidat presiden pada pemilu 2024. Hal itu menjadi rekor tersendiri mengingat usianya saat ini telah menginjak 80 tahun.

Biden menilai setiap generasi memiliki momen di mana mereka harus membela demokrasi.

“Saya yakin ini milik kita. Itu sebabnya saya mencalonkan diri untuk dipilih kembali sebagai presiden Amerika Serikat. Bergabunglah dengan kami. Ayo tuntaskan pekerjaan ini,” ujar Biden seperti dikutip dari scmp.com, Selasa (25/4/2023).

Sejauh ini, Biden belum memiliki penantang dari internal Partai Demokrat. Namun, dalam kampanye yang kemungkinan menghasilkan pertandingan ulang pemilu 2020 melawan Donald Trump, sejumlah pihak memperkirakan Biden akan mendapatkan pengawasan ketat karena faktor usia.

Untuk diketahui, Biden akan berusia 86 tahun pada akhir masa jabatan periode kedua jika kembali terpilih sebagai presiden AS periode 2024-2029. Sementara itu, banyak pihak yang menilai Biden terlalu tua untuk menjadi orang nomor wahid di AS.

Jajak pendapat NBC News yang dirilis akhir pekan lalu menemukan bahwa 70% orang AS, termasuk 51% dari Partai Demokrat, percaya Biden tak boleh mencalonkan diri kembali sebagai presiden.

Sedangkan, 69% dari semua responden berpendapat Biden tak layak mencalonkan diri sebagai presiden AS pada 2024 mendatang. Hal tersebut karena usia Biden yang sudah 80 tahun.

Kendati demikian, Biden merespons kekhawatiran itu dengan mengatakan “awasi saya”. Artinya, para pemilih harus fokus pada kemenangan kebijakannya di dalam negeri dan pengaturan aliansi Barat yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk membantu Ukraina mempertahankan diri dari serangan Rusia.

Trump pun langsung mengkritik rencana Biden yang akan mencalonkan diri kembali menjadi presiden untuk periode selanjutnya.

“Dengan bencana dan kegagalan kepresidenan seperti itu, hampir tidak terbayangkan bahwa Biden akan berpikir untuk mencalonkan diri kembali,” ungkap Trump.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*