PeduliLindungi Ganti SatuSehat, Begini Cara Check-in di Mal!

Aplikasi Satu Sehat Mobile (CNBC Indonesia/novina)

Aplikasi SatuSehat sudah resmi meluncur, menggantikan PeduliLindungi yang sudah selama hampir 3 tahun beroperasi. Jika aplikasi sebelumnya digunakan hanya untuk penanganan Covid-19, SatuSehat punya banyak manfaat lewat fitur-fitur yang disediakan.

Namun, sebelum bisa menggunakan aplikasi ini, Anda perlu melakukan update pada aplikasi PeduliLindungi. Ini bisa dilakukan dengan mengunjungi toko aplikasi Play Store dan App Store.

Setelah diperbarui, aplikasi akan berubah dan Anda perlun login terlebih dahulu menggunakan nomor HP atau email untuk mengirimkan kode OTP.

Setelah berhasil masuk, laman utama aplikasi akan menunjukkan fitur-fitur utama, salah satunya ‘Check-In’ yang ada di bagian atas layar. Fitur ini sebelumnya sudah tersedia di PeduliLindungi sebagai cara masuk ke ruang publik. Aplikasi itu juga membaginya ke dalam beberapa simbol warna untuk memperbolehkan atau melarang masyarakat masuk ke tempat publik.

Pada SatuSehat, Check-In terbagi atas dua tombol yakni ‘Atur Check-In’ dan Check-In. Pada opsi Atur Check-In, dapat mengatur beberapa orang untuk memindai ‘QR Code’ yang ada dalam tempat publik dalam satu akun SatuSehat.

Selain pengguna, bisa juga menambahkan beberapa orang lainnya. Pengguna hanya perlu menambahkan data anggota baru seperti nama, hubungan dengan pengguna (mulai dari orang tua, pasangan, kakek-nenek, anak, hingga teman), tanggal lahir, NIK, kewarganegaraan, serta data nomor identitas bisa dengan NIK atau nomor paspor.

Sementara itu, tombol Check-In digunakan untuk memindai QR Code. Cara penggunaannya masih sama seperti PeduliLindungi sebelumnya, tinggal arahkan kamera ke bagian QR Code yang ada di tempat publik dan nanti akan terlihat apakah diperbolehkan masuk atau tidak.

Di bagian bawah layar juga terdapat sejumlah banner yang berisi informasi soal vaksin Covid-19 hingga meningitis serta terkait kesehatan masyarakat lainnya.

Fitur lain yang ada dalam SatuSehat adalah ‘Resume Medis’. Ini berguna untuk melihat riwayat pengguna pada fasilitas kesehatan. Akan terlihat informasi riwayat pemeriksaan, diagnosa, resep obat, dan hasil tes yang dilakukan.

Di dalam fitur itu juga terdapat tombol Lihat Daftar Fasilitas Kesehatan, yang saat diklik akan dibawah ke laman satusehat.kemkes.go.id terkait integrasi data kesehatan dalam ekosistem Faskes Satu Sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*